Kamis, 27 September 2012

SM*SH lebih baik bubarkah ???

Setelah lama ga postung , akhir akhir ini lagi pengen ngebahas sebuah topik yang lagi jadi trending topic di twitter dan hangat diperbincangkan yaitu Sm*SH yang katanya bubar . "Kenapa sih cuma katanya , ga sekalian aja jadi kenyataan sesegera mungkin" , mungkin itulah yang tengah didengungkan oleh para SM*SH haters atau yang yang dikenal dengan nama ANTIS . Well , saya akan mencoba memberi penilaian secara objektif tanpa memandang bahwa saya ya adalah ANTIS juga



Kita mulai dari perjalanan awal , kita tahulah siapa itu SM*SH bahkan anak TK pun katanya menggilai kegantengan dari para personelnya (kurang lebih seperti itulah , walau saya kurang sependapat) . Pada awal kemunculannya emang menjadi suatu babak baru dalam industri musik Indonesia yang sedang mellow karena lagu lagu bertipekan melayu . Ya pada awalnya saya sih menyambut saja , itung itung penyegaran agar tidak terlalu bosan dengan lagu lagu melayu (yang kadang bukannya mencerahkan hari , malah jadi sendu) . Tapi setelah mengikuti sekian lama ternyata SM*SH pun membawa dampak yang bisa dibilang memperburuk permusikan Indonesia . Ya saya sih bukannya pengamat musik profesional yang langsung bisa ngejudge baik buruknya suatu karya musik , tapi sebagai salah satu pecinta musik atau bisa dibilang pendengar setia musik Indonesia , saya bisa bilang begitu

SM*SH memang pelopor kebangkitan kembali era kejayaan boyband di tanah air . Konsep yang diusung pun fresh dengan anak muda yang lincah , yang tak heran memancing histeria penggemar terutama remaja putri . Namun ada beberapa kredit yang bisa saya sematkan pada mereka diantaranya :
  1. Peniru , Mungkin banyak yang setuju juga menolah stigma ini . Boyband yang subur di Indonesia adalah berkiblat pada korea yang memang telah digilai sebelumnya . Ditambah lagi dari kualitas maupun kemasan yang lebih baik yang ditampilkan bintang boyband korea , tak heran jika boyband tanah air hanya menciptakan boyband seadanya yang jauh dari kesan glamor ala korea
  2. Penggemar Lipsync Style , Entah kebetulan atau tidak SM*SH menjadi pelopor boyband ataupun girlband yang tak pernah terdengar suara aslinya . Entah karena kurang pede dengan kualitasnya ataupun tuntutan dari penyelenggara , namun saat didengatkan langsung suara mereka jauh dari kata layak untuk didengarkan
  3. Mode Pakaian Alay , Yang satu ini bisa saya katakan saya lihat sendiri . Penggemar SM*SH mulai meniru dandanan idolanya dari gaya rambut lempar lemparan poni , atau gaya rambut yang semakin aneh dengan potongan pendek sebelah , warna yang menyala ataupun yang dibuat menyatu dengan topi . Gaya busananyapun termasuk aneh dengan sesuatu yang saya anggap legging daripada celana laki laki , yang semakin membuat saya menggelengkan kepala . Apakah perempuan suka dengan pakaian begitu
  4. Gesture Lucu , untuk yang satu ini saya bingung antara kemayu atau sengaja dibuat begitu . Saya tidak begitu mempermasalahkan untuk girlband , kenapa ? karena memang kodratnya cewek yang saya tahu memang seperti itu , manja dan agak kalo orang jawa bilang lenjeh . Akan tetapi untuk laki laki yang selalu menerima stigma macho , menerima gaya semacam ini akan terasa sedikt janggal . Saya pernah mencoba membandingkan SM*SH dengan boyband boyband yang saya tahu di korea dan dengan hasil dari segi musikalitas , gesture dan pembawaan jauh dari kesan ngondek ataupun melambai
Nah jika anda harus memberi penilaian dengan materi diatas , apakah seharusnya dibubarkan atau dilanjutkan . Kalau saya pribadi , walaupun tak dibubarkan , setidaknya sedikit diubah untuk menjadi kiblat dengan tanpa menimbulkan kesan aneh terutama para lelaki

Demikian sedikit ulasan dengan cara pandang saya , jika ada yang tersinggung ya saya minta maaf . Sekali lagi ini hanya opini saya bukan bermaksud menjudge ataupun menilai buruk , hanya demikianlah yang saya pikirkan . Semoga ulasan saya ada manfaatnya dan semoga anda selalu bahagia . Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar